Beasiswa KIP Kuliah SNPMB 2023, Ini penjelasannya!

…. KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah merupakan bantuan pendidikan dari pemerintah dan diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurang mampu….

wawanumbara.com _ Bagi calon mahasiswa baru, berikut ini adalah cara daftar KIP Kuliah untuk SNPMB 2023 supaya bisa mendapat beasiswa pendidikan di perguruan tinggi.

KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah merupakan bantuan pendidikan dari pemerintah dan diperuntukkan bagi calon mahasiswa kurang mampu.

KIP Kuliah bisa digunakan untuk semua jalur masuk SNPMB 2023 (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru).

Di antaranya SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) atau sebelumnya disebut SNMPTN, dan SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) atau SBMPTN, serta seleksi mandiri.

Di periode 2022, pelaksanaan pendaftaran KIP Kuliah berlangsung dari 2 Februari hingga 31 Oktober.

Baca juga: Kok, anak saya tidak dapat bantuan PIP? Ini informasinya!

Sementara pendaftaran KIP Kuliah 2023 kemungkinan bisa sama dengan periode sebelumnya, hanya saja masih perlu menunggu keputusan terbaru dari Kemendikbudristek.

Sambil menunggu jadwal resmi pembukaan pendaftaran KIP Kuliah 2023, calon mahasiswa baru bisa mempersiapkan sejumlah persyaratan terlebih dahulu sebelum mendaftar.

Syarat Daftar KIP Kuliah

Ada beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan calon mahasiswa baru. Mulai dari data diri serta dokumen pendukung seperti berikut;

  • Penerima manfaat KIP Kuliah adalah siswa SMA/sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan, dan telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  • Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang valid.
  • Memiliki potensi akademik baik, tetapi terbatas dari segi perekonomian yang dibuktikan dengan dokumen sah dari data kependudukan setempat.
  • Siswa mempunyai Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera dan terdata di DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos.
  • Telah lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta), pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Memungkinkan pula untuk prodi dengan Akreditas C dengan pertimbangan tertentu.

Baca juga : Bagaimana mendapatkan penghasilan dari YouTube? Ini syaratnya!

Cara Daftar KIP Kuliah untuk SNPMB 2023

Apabila seluruh persyaratan tersebut telah rampung dipersiapkan, selanjutnya cara daftar KIP kuliah untuk SNPMB 2023.

  • Masuk ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau lewat aplikasi KIP Kuliah mobile apps.
  • Di laman KIP Kuliah klik opsi Daftar dan pilih Daftar Baru.
  • Siswa mulai memasukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email aktif.
  • Setelah itu, sistem akan melakukan validasi untuk kelayakan apakah calon mahasiswa tersebut bisa mendapat bantuan KIP Kuliah atau tidak.
  • Apabila proses validasi berhasil, sistem akan mengirim Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email terdaftar.
  • Selanjutnya calon mahasiswa bisa melanjutkan proses pendaftaran KIP Kuliah dan menambahkan informasi jalur seleksi yang diikuti (SNBP, SNBT, UMPN, atau Seleksi Mandiri).
  • Apabila telah berhasil diterima perguruan tinggi, calon mahasiswa melanjutkan proses verifikasi ke perguruan tinggi, sebelum nantinya diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Berapa Besaran Biaya Hidup dari KIP Kuliah?

Selain dana pendidikan, mahasiswa pemilik KIP Kuliah sebagai penerima manfaat akan mendapat biaya hidup dengan jumlah berbeda-beda sesuai wilayah perguruan tinggi.

Besaran biaya hidup itu terbagi menjadi lima klaster daerah, dan sistemnya akan langsung ditransfer ke nomor rekening masing-masing mahasiswa.

  1. Klaster pertama Rp800 ribu per bulan.
  2. Klaster kedua Rp950 ribu per bulan.
  3. Klaster ketiga Rp1,1 juta per bulan.
  4. Klaster keempat Rp1,25 juta per bulan.
  5. Klaster kelima Rp1,4 juta per bulan.

Itulah beberapa persyaratan dan cara daftar KIP kuliah untuk SNPMB 2023, yang bisa dicoba calon mahasiswa baru pada periode Februari 2023 ini.

“Adalah baik untuk merayakan kesuksesan, tapi hal yang lebih penting adalah untuk mengambil pelajaran dari kegagalan”.

Bill Gates

Tinggalkan komentar